Siswa SMA Albayan Berjaya di Ajang Sarasvati UNAIR 2022

Olimpiade Sejarah Sarasvati Universitas Airlangga (UNAIR) 2022 merupakan ajang perlombaan bidang sejarah tingkat SMA berskala nasional. Kegiatan olimpiade sejarah ini merupakan agenda rutin yang diselenggarakan oleh Prodi Ilmu Sejarah UNAIR. Sarasvati 2022 bertujuan untuk memotivasi dan meningkatkan wawasan peserta dan siswa/siswi SMA terhadap mata pelajaran sejarah dan meningkatkan kreativitas serta potensi diri masing-masing peserta.

Lomba yang telah berlangsung sejak masa pendaftaran di bulan Agustus 2022 ini berakhir di tanggal 19 November saat babak final dilaksanakan. SMA Albayan mengirimkan 11 perwakilan siswanya pada ajang olimpiade sejarah yang terdiri dari gabungan siswa IPA dan IPS. Kegiatan olimpiade sejarah ini dilaksanakan secara online di babak penyisihan. Peserta bertanding dengan mengisi soal -soal sejarah secara daring di tempat masing-masing. Babak Semifinal terpilih 10 siswa terbaik dan pada babak final diambil 5 siswa terbaik. Salah satu siswa SMA Albayan berhasil lolos ke babak semifinal  atas nama Muhammad Afiq Ahsan Lubis siswa kelas XI dan kemudian berlanjut ke babak final.

Siswa SMA Albayan berjaya di ajang Sarasvati 2022. Pada ajang lomba ini ananda Afiq berhasil menempatkan diri sebagai juara 1 setelah berhasil mengalahkan lawan-lawannya di babak final. Pada babak final perlombaan diselenggarakan dengan metode cerdas cermat. Siswa harus melalui 2 sesi jenis lomba yaitu sesi soal analisis dan sesi soal rebutan. Perhelataan babak Semifinal dan Final Olimpiade Sejarah Sarasvati Unair ini diadakan di Kampus B fakultas ilmu budaya UNAIR Surabaya pada hari Sabtu 19 November 2022.

Kemenangan ini menorehkan sejarah baru bagi SMA Albayan di ajang olimpiade Sarasvati UNAIR. Semoga dengan kemenangan ini minat siswa SMA Albayan akan makin bertambah besar terhadap bidang mata pelajaran sejarah.