Jalin Ukhwah Antar Angkatan (JUARA) 2022 SMA Pesantren Unggul Albayan

OSIS SMA Albayan pada tahun ajaran baru ini kembali menyelenggarakan kegiatan Jalin Ukhwah Antar Angkatan (JUARA) tahun 2022. Agenda JUARA ini merupakan kegiatan offline pertama setelah 2 tahun kemarin dilaksanakan secara daring karena pandemi covid19. Kegiatan ini adalah program kerja rutin yang dilaksanakan oleh OSIS setiap awal tahun ajaran. Tema JUARA tahun 2022 ini adalah ‘Menguatkan Persaudaraan Untuk bersama-sama Menggapai Kesuksesan Dunia dan Akhirat”.

Tujuan dari kegiatan JUARA ini adalah menumbuhkan rasa kebersamaan dan kekeluargaan agar tercipta rasa nyaman, tentram dan damai di lingkungan sekolah. Selain itu juga untuk menumbuhkan sikap disiplin, berani, jujur, persaudaraan dan mandiri pada diri siswa. Mendorong siswa untuk memiliki kepercayaan diri, kemampuan mengemukakan pendapat dan mengaktualisasikan diri. Menumbuhkan motivasi dan semangat belajar yang kompetitif agar dapat meraih cita-cita sesuai bakat dan kemampuan serta minat. Mengenalkan kegiatan intrakulikuler dan ekstrakulikuler di sekolah serta memiliki kebanggaan sebagai warga sekolah dan menjaga nama baik dan almamater sekolah.

JUARA dilaksanakan selama tiga hari dari tanggal 18 hingga 20 Juli 2022 bertempat di lingkungan kampus SMA Albayan. Kegiatan JUARA ini dikemas dalam bentuk kegiatan ubudiyah (salat malam, salat duha dan dzikir), mentoring, Pelajaran Baris Berbaris, dinamika kelompok, talkshow bersama alumni, pengenalan OSIS MPK, games, diskusi, olahraga, penguatan aqidah dan ditutup dengan acara pentas seni persembahan seluruh siswa kelas X.

SMA Albayan sebagai sekolah unggulan tidak ada kegiatan perpeloncoan dan senioritas. Semua agenda dalam kegiatan JUARA ini benar-benar untuk menanamkan nilai-nilai saling menghormati dan menyayangi diantara kakak kelas dan adik kelas. Kakak kelas dihormati karena akhlaq dan kebaikan hati serta prestasinya. Begitupun sebaliknya Adik kelas disayangi dan dilindungi oleh kakak kelasnya dengan menjunjung tinggi nilai nilai kebaikan. Diharapkan dengan kegiatan JUARA ini siswa kelas X bisa menyesuaikan diri dengan situasi dan kondisi pada lingkungan sekolah SMA Albayan yang baru dimasukinya. Siswa kelas X dapat mengenal kakak kelasnya dengan lebih dekat sehingga berdampak pada kelancaran dalam beradaptasi dan belajar.