Sebuah prestasi tidak melulu harus dari jalur akademik, tapi bisa juga dari jalur non-akademik seperti olahraga dan seni. Hal itu pula yang dilakukan oleh M. Rifan Marsa, siswa kelas X-4 SMA Al Bayan Cibadak yang mendapat prestasi di bidang cipta lagu tingkat Provinsi Jawa Barat.

Pada tanggal 19 November lalu, lomba bertajuk Galaksi (Gelar Aksi Karakter Siswa Indonesia) tingkat Kabupaten Sukabumi dilaksanakan di SMA Negeri 1 Parung Kuda. SMA Al Bayan mengirimkan beberapa siswa untuk mengikuti beragam lomba yang diadakan. Hasilnya, SMA Al Bayan mengirimkan perwakilan di bidang Lomba Cipta Lagu dan Karya Tulis Ilmiah Berbasis Wirausaha.

Babak final tingkat provinsi diadakan di Tasikmalaya, 4 s.d. 7 Desember 2018. Pada babak final tersebut, para peserta dari SMA se-Jawa Barat ditugaskan untuk membuat lagu secara spontan di lokasi. Pada babak itu, Muhammad Rifan Marsha mendapatkan gelar juara cipta lagu dengan kategori struktur lagu terbaik. Karya yang dibuat Rifan memiliki kelebihan struktur lagu yang lengkap dan komposisi accor dan pilihan nada yang lebih baik daripada peserta lainnya se-Jawa Barat.

Dengan prestasi ini, Rifan berhak mendapatkan trofi gubernur jawa barat dan uang pembinaan yang diberikan langsung oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat.