Alhamdulillah tim Al Bayan berhasil meraih medali perunggu pada  Kompetisi Robot Nusantara (KRON). KRON merupakan event tahunan yang di adakan oleh Racer Robotik Tangsel yang bekerjasama dengan IYRA (Indonesia Youth Robotic Asociation) dan IYRC (Internasional Youth Robotic Competition). Tahun 2018 merupakan KRON ke 5 yang diadakan pada hari Ahad, 30 September 2018 yang diadakan di BSD City, Tanggerang Selatan. 

SMA Pesantren Unggul Albayan merupakan pendatang baru dalam event ini karena Ekskul Robotik baru berdisi tahun 2017 kemarin. Pihak sekolah sangat antusias mendukung siswa untuk mengikuti event ini agar siswa mendapatkan pengalaman kompetisi di tingkat nasional, dan memacu kreativitas dalam automasi robotik. Oleh karena itu, kami mengirimkan 8 delegasi yang terbagi dalam 3 kategori lomba yaitu Brick Speed oleh Taufiq Septiyandi (XI), tim Soccer oleh Ammar Dzacky (XI) berpasangan dengan Zaydan Zulfan (XI) dan tim Creative Open oleh  Arvin Suryowibowo (XI), Haskel Nisai (XI), Dzacky Aulia (XI), M. Thoriq Afif (XI) dan Ahmad Kayyis (XI).

Selama berlangsungnya kegiatan, para delegasi sudah berjuang memberikan usaha terbaik mereka. Alhamdulillah berkat perjuangan yang gigih dan do’a dari semua pihak, team Creative Open mendapatkan Bronze Medal. Ini merupakan sebuah prestasi yang sangat membanggakan dan awal yang baik karena kategori tersebut merupakan kategori paling bergengsi dan terfavorit di ajang KRON.