Bagi sebagian siswa kata jurnalistik mungkin terdengar asing, sulit, dan menjemukan. Namun tanpa disadari, jurnalistik amat dekat dengan kehidupan siswa. Apalagi pada era globalisasi saat ini, arus informasi berjalan dengan sangat cepat. Maka untuk memberikan wawasan kepada siswa dengan dunia literasi dan jurnalistik, FIKOM Unpad menyelenggarakan pelatihan jurnalistik di SMA PU Al Bayan pada tanggal 16 Mei 2014 yang diikuti oleh 50 siswa.

Informasi datang begitu cepat. Namun dari informasi itu, perlu disaring sehingga yang diterima hanyalah informasi yang bermanfaat. Pemanfaatan informasi pun harus tepat guna. Sehingga dapat memberikan manfaat bagi orang lain. Maka dalam pemaparannya, Hanna Chaterina George, S.S., M.I.Kom. mengatakan bahwa setiap orang butuh kemampuan literasi informasi. Kemampuan ini akan membuat seseorang mampu mengolah masalah, mencari informasi yang terkait, kemudian menyintesiskan informasi, yang kemudian dapat memberikan solusi dari masalah yang didapat. Maka, pada akhirnya akan menjadi santri yang cerdas informasi.

Informasi didapat, maka harus memberi manfaat. Sebagai seorang jurnalis yang memiliki kemampuan literasi, hal terbaik yang bisa dilakukan adalah menyebarkan informasi tersebut. Dr. Dede Mulkan dalam penjelasannya mengatakan bahwa artikel merupakan opini yang bisa digunakan dalam menyikapi suatu persoalan. Tulisan tersebut selain bermanfaat bagi diri sendiri, harus pula memberi manfaat bagi masyarakat. Maka menyebarkannya di media massa menjadi tempat terbaik. Surat kabar, media online, majalah dan media massa lain banyak yang menerima opini dan masukan warga. Siswa pun diharapkan bisa menyuarakan aspirasi pelajar yang bermanfaat.

Tapi, media massa tentu punya banyak kriteria. Sehingga tak semua orang bisa memberikan opininya di media massa. Oleh karena itu, Gumgum Gumilar, S.Sos., M.Si. memberikan solusi berupa membuat blog. Blog sangat bermanfaat dan fleksibel karena murah dan mudah. Selain itu, blog bisa dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Blog pun selain dimanfaatkan berbagi informasi, bisa pula untuk berbisnis hingga berdakwah. Sehingga dengan blog, seseorang bisa memberikan ilmunya lebih luas.

Meskipun informasi bergerak begitu dinamis, santri SMA PU Al Bayan diharapkan bisa memanfaatkan informasi tersebut sehingga bisa berguna bagi masyarakat. Maka, para pemateri pun mengatakan bahwa teknologi harus bisa dimanfaatkan dengan baik agar tercipta suatu masyarakat yang berperadaban tinggi.

Note: penulis merupakan anggota ekskul jurnalistik